Selasa, Juni 18, 2013

Zat makanan yang dibutuhkan kelinci

   Zat makanan ini, sangat diperlukan agar kelinci menjadi sehat. Alangkah baiknya jika sobat bisa memenuhi kebutuhan akan zat-zat makanan untuk kelinci ini. Zat makanan terdiri dari protein, hidrat arang, lemak mineral dan vitamin. Mari kita bahas satu per satu......

a. Protein
   Protein banyak terdapat pada kacang tanah (bungkilnya), daun turi, daun lamtoro, kedelai, kacang panjang, bungkil kelapa dan tepung teri.protein ini gunanya untuk pertumbuhan dan berproduksi. Kelinci masih muda memerlukan pertumbuhan sedangkan kelinci dewasa memerlukan berproduksi oleh karena itu zat ini perlu diberikan untuk semua umur kelinci.


b. Hidrat arang
   Zat hidrat arang terdapat pada katul, ubi singkong, ubi ketela, jagung dan cantel. Gunanya untuk menimbulkan tenaga. Kelinci memerlukan aktifitas kehidupan karena itu memerlukan gerak. Jagung yang masih ada tongkolnya baik untuk dikerat agar dapat membatasi panjang gignya.

c. Lemak
   Lemak terdapat pada kedelai, kacang (bungkilnya), katul. Gunanya untuk menimbulkan energi serta membuat kelinci gemuk. Jika sobat memelihara kelinci untuk dipotong, disarankan untuk memberikan lebih makanan ini.

d. Mineral
   Mineral terdiri dari berbagai macam garam Ca, P, Fe. gunanya untuk pertumbuhan, berproduksi dan reproduksi. Mineral berupa tepung ikan, tepung tulang dan rumput kering.

e. Vitamin
Berbagai macam vitamin yang diperlukan adalah A, D dan E. Kekurangan vitamin A menyebabkan penyakit mata, mudah diserang parasit dan juga menyebabkan kemandulan. Vitamin ini dapat diperoleh dari daun singkong, daun ketela rambat yang dilayukan, kangkung, jagung, wortel dll.
   Kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit tulang, pertumbuhan tulang tak sempurna. Oleh karena itu, vitamin ini sangat cocok diberikan pada kelinci di usia muda dimana tulangnya masih mengalami pertumbuhan.
   Kekurangan vitamin E akan menyebabkan kemandulan. Vitamin ini bisa diperoleh dari kecambah, jagung, cantel, daun kacang tanah dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar jika artikel ini membantu