Jumat, Mei 24, 2013

Induk Kelinci tidak mau Menyusui

Layaknya seorang bayi yang baru lahir membutuhkan air susu ibu untuk makanan pertama dan terbaik buat si bayi, begitu pula dengan anak seekor kalinci yang baru lahir. Jika kita perhatikan, terkadang kita jarang bahkan tidak pernah sama sekali melihat induk kelinci menyusui anaknya. Hal ini menyebabkan kita bingung dan bertanya apakah indukan yang kita punya mau menyusui anaknya atau tidak. Tapi jangan terlalu diambil pusing sebaiknya simak penjelasan berikut : 


-  Induk kelinci menyusui itu ada waktunya. Biasanya pada jam-jam tertentu, bisa jam gelap datang (18:00), bisa pula jam 20:00, bisa pula menjelang subuh. Pokoknya pada jam malam, dan hanya sedikit yang menyusui pada siang hari.
-  Setelah melahirkan, induk memang seolah-olah cuek dengan anak-anaknya yang berjempalitan di kotak. Saat melahirkan pagi atau siang hari terkadang induk menyusui setelah beberapa jam kemudian, untuk kemudian diulang pada malam hari, tetapi ada kalanya yang menyusui langsung malam harinya.

Maka, perasaan yang menganggap induk tidak mau menyusui agar dihilangkan.Beternaklah dengan kaidah supaya tidak salah arah.
Bagaimana jika memang Induk tidak mau menyusui dengan bukti anak-anaknya pada mati? Kemungkinan tiga hal, 
-  mastitis 
-  keringnya air susu karena kurang gizi (karbohidrat dan serat),
-  karena disebabkan stress, biasanya disertai kanibal.

Untuk menyelamatkan semuanya, masa kehamilan harus dirawat secara baik, pasokan serat (rumput), gizi (wortel) dan konsentrat harus bagus. Ini dari sisi pakan. Dari sisi lingkungan harus tertib, jangan berdekatan dengan hewan pemangsa, banyak kunjungan orang atau berisik sehingga induk merasakan ancaman.
Berikanlah ampas tahu pada pagi hari dan sore hari untuk memperbanyak keluarnya air susu. Saya sudah pernah mencobanya dan anakan kelinci sangat gemuk walaupun mereka berjumlah 6 ekor.

6 komentar:

  1. Terima kasih atas penjelasannya, karena saya pemula berternak kelinci baru kemarin kelinci saya melahirkan tahu tahu pagi hari dah ada anak kelinci di pojok kandang. Saya belum persiapan buat kotakan la tahu hamil juga nggak. Selang berapa hari anak kelincinya tak taruh di kotakan. tapi saya amati induknya cuek dengan anak2nya cuma sering di kasih bulu2nya di cabuti buat nutupi anaknya. Sekarang dah 4 hari apa ini induknya mau menyusui pa tidak saya belum pernah lihat. Logika apa anak kelinci dalam 4 hari belum di kasih susu mungkin mati tapi perutnya gendut dan dah mulai bulu2nya kelihatan, Kesimpulan saya berarti anak kelinci di susui cuma kita tidak tahu kapan menysuinya. Tapi setelah membaca artikel Sdr saya merasa yakin bahwa anak kelinci disusui. dan Terima kasih atas artikelnya.

    BalasHapus
  2. klau cari ampas tahu susah boleh kasi tahunya ngak ?

    BalasHapus
  3. Kasih daun pisang, wortel, rumput gajag kering, daun nangka, daun markisa,

    BalasHapus
  4. Kandang kelinci saya selalu dalam kondisi terang. Apakah itu akan mempengaruhi produksi air susu nya?

    BalasHapus
  5. Kelinci saya setelah melahirkan seperti cuek ke anak nya, sampai saya bingung sendiri, apakah kelinci saya memang tidak mau menyusui?? Atau memang asi nya tidak lancar??? Lalu, bagaimana yaa caranya agar asi induknya bisa normal bahkan bisa mengeluarkan air asi yang banyak?? Mohon info nya dong!

    BalasHapus
  6. Kelinci saya asinya gk keluar

    BalasHapus

Silahkan berkomentar jika artikel ini membantu