Minggu, Juni 16, 2013

Penyebab Gagalnya Pembiakan

Bila kelinci kita tidak segera bunting atau mutu anak tidak memuaskan maka ada beberapa penyebab, yaitu :
a. Faktor lingkungan
b. Makanan yang jelek
c. Umur
d. Bunting palsu


a. Faktor lingkungan
     Lingkungan yang jelek sangat berpengaruh tarhadap kehidupan kelinci. Hawa panas terlalu tinggi, perubahan temperatur yang sangat mendadak dan kondisi kandang yang gaduh yang akan membuat kelinci stress dan mempengaruhi kesuburan kelinci.

     Usahakan membuat kandang terhindar dari keramaian, gangguan anak-anak serta rongrongan anjing. Kelinci yg bunting sangat memerlukan ketenangan. Serta sesuaikanlah ukuran kandang agar tidak terlalu sepit.

b. Makanan yang jelek
     Makanan yang kurang mengandung gizi dapat menyebabkan menurunnya kondisi tubuh, sehingga tak jaran kelinci mengalami keguguran atau anaknya akan mati setelah lahir. Kleinci jantan pun harus diperhatikan makanannya karena dapat mempengaruhi kualitas sperma.

c. Umur
     Induk kelinci yang masih produktif beranak dalam umur 2,5 - 3 tahun. Setelah itu, kualitas kebuntingan akan menurun. Tetapi ada pula yang masih produktif diusia sampai 6 tahun. Jangan mengawinkan kelinci betina terlalu muda karena kemungkinan besar belum bisa merawat anaknya. Ini pengalaman saya pribadi yang mengawinkan baru berumur 3 bulan

d. Bunting palsu
     Yaitu betina mengalami tanda2 bunting tetapi sebenarnya tidak. Lama bunting palsu sekitar 16-22 hari. Betina tampak sibukmembuat sarang dan mencabuti bulunya serta tidak mau dinaiki oleh pejantan dan setelah 30 hari, sibetina tidak melahirkan seekorpun. Setelah bunting palsu berakhir, maka si betina mau dikawini oleh pejantan dan akhirnya bisa bunting asli. Penyebab bunting palsu adalah gagalnya proses pembuahan karena tidak ada kesuburan pada betina serta kualitas sperma sijantan jelek.

1 komentar:

Silahkan berkomentar jika artikel ini membantu