Selasa, Juni 18, 2013

Persiapan kelinci melahirkan

   Dalam kehidupan alami, kelinci akan menggali tanah untuk membuat sarang. Dimana sarang tersebut akan diisi daun kering, rumput kering dan bulunya sendiri untuk menghangatkan anaknya. Karena kita memelihara kelinci di dalam kandang, kita harus menyiapkan kotak beranak atau nestbox dan daun atau rumput kering (bisa pakai jerami).
   Untuk penyiapan nestbox minimal 1 minggu sebelum melahirkan sudah berada didalam kandang, sebab kelinci tersebut akan mengenali dahulu kotak tersebut. Kelinci akan keluar masuk kotak dan menggaruk2 kotak seakan-akan ingin mengenali kotak tersebut. Biasanya kelinci akan melahirkan pada saat malam hari.


   Untuk daun, rumput kering atau jerami sediakanlah 5 hari sebelum kelahiran. Jangan menaruh langsung didalam kotak, taruhlah diluar kotak karena siinduk akan memindahkan sendiri kedalam kotak. Biasanya rumput tersebut akan dikunyah terlebih dahulu seperti akan melemaskan rumput agar tidak melukai anaknya. Jika sobat melihat kelincinya sudah mencabut bulu, bisa dipastikan nanti malam akan melahirkan.
   Jika tumpukan bulu sudah ada didalam kotak, 90% kelinci sobat sudah melahirkan. Jangan langsung mengambil anak kelincinya hanya untuk memenuhi rasa penasaran sobat saja. Jika ingin mengetahui jumlah anak yang lahir, pakailah sarung tangan agar anak kelinci tidak berbau manusia. Sebab induk akan malas menyusui jika anaknya berbau manusia. Dan jangan terlalu sering melihat anak kelincinya, jangan sampai ada orang asing yang masuk apalagi mengambil anak kelincinya. Jagalah baik-baik agar tidak diserang oleh predator seperti semut atau tikus. Jagalah lingkungan  agar tetap tenang.

Berikut contoh beberapa model nestbox














9 komentar:

  1. Kelinci saya melahirkan didalam lubang, pas hari pertama melahirkan, lubangnya itu tertutup dan hari berikutnya saya suka liat si induknya menggali lagi mungkin mau menyusui. Tapi dihari ke5, lubangnya itu tetap terbuka dan si induknya kelihatan murung. Kemungkinannya kenapa ya?

    BalasHapus
  2. Kalau bisa, coba lihat anaknya bang siapa tau ada yang mati... tapi, menurut dibuku, seekor kelinci yang melahirkan/punya anak, seakan-akan menghiraukan anaknya pada saat pagi hari. Supaya bahaya yang mengincar tidak mengetahui bahwa kelinci tersebut melahirkan... Skarang pastikan saja dulu kondisi anaknya bang ,, kalau sehat semua dibiarkan saja...

    BalasHapus
  3. alas yg cocok bwt sarng kelinci itu enaknya apa?

    BalasHapus
  4. Pada kotak kelinci pakai saja triplek biasa .. Nanti sediakan rumput kering / jerami yang kering diluar kotak. Nanti kelinci sendiri yang akan bikin sarang om ...

    BalasHapus
  5. kalau kelinci saya beraanak dalam lubanag bolehkah saya pindahkan ke kandang di dalam box anaknya ?

    BalasHapus
  6. kelinci sya melahirkan di lubang.. cara mengetahui nya gimana ya bos ?

    BalasHapus
  7. karna ketidaktahun saya Kelinci saya melahirkan tp belum disediakan kandang dan dia melahirka di kndng saat saya bangun anak kelinci nya sdah berserakn dimna2 saya pungut dan pindah ke kardus di lapisi kain untuk anak kelinci tapi kenapa kelinci induknya tidak mau menyusui dan msuk ke kardus tmpat anaknya padahal sudah saya satukan di kandang mohon infonya tolong saya

    BalasHapus
  8. pakai daun kering bisa ga gan

    BalasHapus
  9. kotaknya pake kardus aja gimna gan??

    BalasHapus

Silahkan berkomentar jika artikel ini membantu