Minggu, Juni 16, 2013

Mengawinkan Kelinci

Agar kelinci dapat berkembang biak, harus kita kawinkan. Sebelum mengawinkan kelinci, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :
- Pastikan umur betina sekitar 4-6 bulan dan sudah tampak  tanda2 birahi seperti menggosokkan badannya ke dinding kandang dan jika dimasukkan ke kandang pejantan akan nungging dan siap dikawini.
- Umur pejantan kira-kira min 6 bulan untuk mengawini betina.

Cara mengawinkan adalah :

- Masukkan kelinci betina ke kandang pejantan. Ini bertujuan agar sang pejantan menguasai kondisi kandang yang akan mempermudah proses perkawinan.
- Sebelum kawin, kelinci akan melakukan cumbuan
- Terkadang kelinci akan saling kejar-kejaran.
- Proses kelinci kawin yaitu si betina merunduk berada dibawah sambil nungging dan sijantan akan menaikinya dari belakang. Jika penis si jantan sudah masuk, maka sijantan akan diam sejenak sambil terdengar suara desahan si jantan kemudian terjatuh disebelah betina. Itu menandakan proses perkawinan berhasil.
- Sekitar 5 menit istirahat, si jantan akan berusaha lagi mengawini si betina.
- Jika sibetina tidak mau dikawini, kemungkinan penyebabnya adalah : sibetina sedang hamil, sibetina memang belum mau kawin/nafsu atau sibetina tidak suka dengan sipejantan.
- Untuk mengetahui proses kehamilan berhasil atau tidak yaitu masukkan kembali sibetina dikandang pejantan berselang 7 hari setelah dikawinkan pertama. jika tidak mau dikawini, kemungkinan besar si betina sedang hamil
- Pastikan asupan makanan dan air kelinci saat hamil cukup
- Jangan pernah mencoba mengawinkan lagi jika memang benar kelinci sudah hamil.





-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar jika artikel ini membantu